Jumat, 06 Februari 2015

Memilih batu akik pacitan

Memilih batu akik pacitan

Rabu, Oktober 29th 2014. | Potensi Bisnis UKM Daerah
akik pacitan
Trend batu akik yang sedang naik daun membuat batu akik pacitan digemari dan menjadi salah satu objek perburuan oleh para pecinta batu akik. Batu akik rata-rata disukai dan digemari oleh kaum pria yang dapat menjadikannya sebagai aksesoris yang menarik. Di pacitan sendiri merupakan daerah yang sudah begitu dikenal dengan hasil batu akik pacitan dan kualitas batik akiknya tidak kalah dengan batu akik hasil dari daerah lain.
Batu akik pacitan memiliki ciri khas dan corak warna yang tentunya akan berbeda secara kasat mata dengan produk batu akik daerah lain. Perkembangan bisnis batu akik pacitan ini sebenarnya merupakan peluang yang bagus bagi perkembangan usaha batu akik. Para pelaku usaha yang menekuni bahkan menggantungkan hidupnya pada usaha batu akik memang banyak terutama di pacitan. Maka dengan pasar batu akik yang semakin luas dapat mendorong pada peningkatan ekonomi dari para pelaku usaha batu akik pacitan.
Sektor usaha kecil dan menengah terutama dalam bidang batu akik pacitan merupakan sebuah industry kerajinan yang juga memiliki prospek yang baik. Di pacitan pelaku usaha batu akik memang tidak sedikit dimana perlu mendapatkan dukungan baik pemerintah dan pihak lainnya. Disamping itu perlu juga kesadaran dan kemauan dari pelaku usaha itu sendiri untuk terus berusaha mengambangkan usahanya.
Dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap batu akik maka akan membuka peluang usaha muncul pelaku usaha baru untuk ikut serta dalam mengembangkan sektor bisnis tersebut. Memang dalam bisnis batu akik perlu beberapa skill yang dapat dipelajari dengan menyesuaikan selera konsumen. Skill yang dimaksud adalah dalam membuat batu akik sehingga dapat menghasilkan sebuah produk batu akik terutama batu akik pacitan yang berkualitas bagus.
Permasalahan usaha batu akik pacitan memang dapat memberikan sebuah hambatan bagi perkembangan usaha tersebut. Beberapa masalah yang mungkin dihadapi salah satunya adalah berkaitan dengan pemasaran. Namun sebenarnya itu akan kembali pada startegi yang kan ditempuh oleh para pelaku usaha untuk menyebarluaskan dan memperkenalkan produk akiknya kepada penggemarnya atau calon konsumennya. Pada masa sekarang alat marketing semakin mudah untuk diakses dan dipergunakan untuk membantu dalam mengembangkan sebuah bisnis. Alat marketing yang bisa digunakan selain media offline juga bisa menggunakan media online. Internet merupakan salah satu media yang paling efektif untuk berpromosi terutama tentang batu akik pacitan. Pengguna internet yang semakin meningkat apalagi di kabupaten pacitan tentunya memberikan sebuah keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis batu akik pacitan untuk mempromosikannya secara online.
Selain dari masalah pemasaran, beberapa pelaku usaha juga mengalami berbagai masalah lainnya seperti akses permodalan. Modal memang menjadi salah satu factor penting yang memang dibutuhkan pelaku usaha baik itu ketika memulai usaha sampai pada mengembangkan usahanya. Masalah akses permodalan ini pada dasarnya pelaku usaha dituntut untuk secara kreatif untuk berhubungan dengan lembaga keuangan baik itu perbankan, koperasi dan lembaga keuangan lainnya. Namun tidak menutup kemungkina juga dapat mengakses modal dari pemerintah melalui dana bergulir dan kredit usaha rakyat. Sebelum mengakses modal perlu diperhatikan adalah jaminan dan laporan keuangan usaha.
Banyak pelaku ukm yang mengesampingkan pembukuan dan laporan keungan padahl sebenarnya ini sangat penting sekali sebagai alat analisis oleh pihak perbankan atau lembaga keuangan lainnya.
Trend harga batu akik yang juga terus naik seiring jenis batu akik yang diperjualbelikan memberikan indikasi bahwa memang nilai produk yang memang diperhitungkan. Kesan menarik dan kualitas produk akan menjadi sebuah pertimbangan sehingga seimbang dengan penentuan harganya. Batu akik merupakan sebuah nilai dari hasil kerajinan yang dibuat dengan kesan yang memang menarik sehingga tidak salah jika digandrungi oleh banyak orang.
Batu akik pacitan dapat terus dikembangkan menjadi salah satu ikon kerajinan yang bisa mendunia. Dengan potensi alam tersebut maka dapat mendorong pada peningkatan kesejahteraan dan pemanfaatan dapat memberikan nilai lebih yang bisa dimanfaatkan sebagai produk kerajinan unggulan. Dengan produk unggulan maka akan memberika sebuah brand yang kuat terhadap kota pacitan sebagai kota penghasil batu akik yang berkualitas dan memiliki sentra akik yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com