Jumat, 06 Februari 2015

Produk Tahu Tuna Pacitan

Produk Tahu Tuna Pacitan

Mendengar kata Kota Pacitan sudah pasti yang terbayang adalah wisatanya khususnya wisata bahari yang berupa pantai meskipun banyak sekali obyek wisata lain berupa goa yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan banyaknya pantai yang menjadi tempat wisata pacitan tentunya akan memberikan sebuah kesimpulan di pikiran anda tentang hasil dari laut dan pantai yang biasanya berupa ikan atau hasil laut lainnya. Tidak dipungkiri bahwa hasil pantai pacitan didominasi oleh ikan. Banyak sekali jenis ikan yang diperoleh oleh para nelayan diseputaran pantai dihampir seluruh wilayah dipacitan. Hasil laut tersebut dapat diolah menjadi produk tahu tuna pacitan. Jumlah komoditi ikan diwilayah pacitan ini sangat lah banyak bahkan sudah sampai diekspor seperti lobster yang dihasilkan oleh pantai watukarung. Dengan hasil laut yang berupa ikan inilah banyak sekali hasil hasil inovatif dan kreatif dari warga yang merupakan hasil olahan dari ikan, salah satunya adalah hasil inovasi yang berupa produk tahu tuna pacitan.
Makanan olahan yang disebut sebagai tahu tuna mendadak menjadi artis di kota pacitan. Tahu tuna pacitan sudah sangat terkenal tidak hanya di wilayah kota pacitan tetapi sudah terkenal di luar kota di luar wilayah pacitan. Tahu tuna pacitan ini sudah menjiwa di seluruh lapisan masyarakat pacitan. Tahu tuna adalah sajian makanan yang bisa dinikmati sebagai camilan atau makanan selingan ataupun makan pokok yang digunakan sebagai lauk pendamping nasi. Tahu tuna pacitan ini diolah dengan menggunakan bahan pokok terdiri dari tahu yang kemudian ditengahnya diberi isian yang berupa gilingan daging ikan tuna dengan campuran tepung. Ikan tuna yang merupakan bahan baku utama dari makanan yang disebut tahu tuna, ikan tuna adalah hasil laut yang terbanyak yang dihasilkan oleh pantai yang ada di kota pacitan. Ikan tuna selain rasanya yang enak juga kandungan gizi dan vitamin yang terkandung di dalam ikan tuna yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan tumbuhnya produk tahu tuna pacitan yang menjadi hasil produk olahan utama dikota pacitan, juga menjadi pemicu utama menggeliatnya industri rumahan yang mengolah tahu tuna sehingga bisa menciptakan banyak lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi warga pacitan.
tuna pacitan
Industri rumah tangga yang memproduksi tahu tuna di pacitan banyak sekali bermunculan sehingga banyak juga merk tahu tuna yang ada di pacitan, tetapi tahu tuna adalah makanan olahan laut hasil pacitan yang kini sudah sangat terkenal dikota pacitan ataupun di luar kota pacitan. Sudah menjadi tradisi jika bila berkunjung dan berwisata pacitan kini harus mencicipi sajian tahu tuna pacitan, bahkan tahu tuna pacitan kini sudah masuk menjadi jajanan atau makanan khas untuk oleh-oleh wisatawan bila berwisata ke pacitan. Tidak afdol bila berkunjung ke pacitan tanpa tahu tunanya. Tahu tuna olahan pacitan banyak juga diminati oleh masyarakat di luar wilayah pacitan seperti solo, jogjakarta, madiun , surabaya bahkan sampai jakarta. Industri yang memproduksi tahu tuna pacitan ini bahkan banyak yang mengatakan bahwa banyak sekali permintaan tahu tuna pacitan untuk dikirim ke jakarta. Meskipun demikian dengan munculnya produk makanan kreatif yang berasal dari bahan olahan ikan ynag dinamakan tahu tuna tetapi jangan melupakan bahwa tidak hanya sekedar berproduksi saja tetapi mempertahankan kualitas, mutu, dan rasa dari tahu tuna pacitan adalah prioritas utama warga pacitan yang mempoduksi tahu tuna. Tahu tuna pacitan masih banyak sekali pembenahan agar produksi tahu tuna bisa berkualitas dan bisa merubah para industri kecil menjadi pabrik besar yang mengolah tahu tuna yang berkualitas, dengan demikian banyak lagi nanti kemajuan dibidang ekonomi yang bisa membawa perubahan terhadap pendapatan perkapita masyarakat pacitan khususnya menjadi lebih tinggi. Dengan berkunjung ke tempat wisata yang ada dipacitan sudah dipastikan bahwa kios-kios oleh oleh yang menjual produk makanan yang menjadi tren di pacitan ini banyak sekali disepanjang jalanan utama dikota pacitan, pacitan kini tidak hanya terkenal dengan pantai goa tetapi juga terkenal dengan produksi makanan olahan dari ikan yang sangat menggoyang lidah yaitu tahu tuna. Belum lengkap jika berwisata ke pacitan tanpa membeli oleh-oleh tahu tuna pacitan yang pastinya tidak akan ditemui kecuali di pacitan.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com